Kategori
Refleksi

yang menunggu di garis akhir

Masuk ke dalam sebuah sistem biasanya akan menimbulkan dua kemungkinan. Meskipun yang sebenarnya hanya ada satu kemungkinan. Sistem yang akan mengubah seseorang yang masuk. Sangat jarang sekali, seseorang yang akan mengubah sebuah sistem. Mungkin kasusnya 1:1.000.000. Terlalu munafik kalau saya menyebutkan, kalau akan mengubah sistem yang sudah berjalan bertahun-tahun.

Hal ini juga sepertinya diaamiinkan oleh banyak rekan-rekan saya yang lainnya. Oleh superordinat dan juga oleh subordinat yang saya kenal. Sebenarnya banyak keresahan yang dirasakan akan sistem ini. Tapi semuanya sama-sama bingung untuk memperbaikinya. Bukan bingung mungkin diksi yang tepat. Lebih cocoknya sama-sama tidak bisa merubahnya. Tahu masalahnya, mau merubahnya, tidak mampu melakukannya. Rumus perubahannya tertahan satu.

Apalagi belum samanya persepsi dari orang-orang yang ada di dalam sistem tersebut. Dan memang bukan salah siapa-siapa. Sudah berbeda motifnya sejak awal, sudah berbeda kebutuhannya sedari lama, dan sudah jauh letak garis akhirnya. Sudah bukan lagi apa yang ada di garis akhir. Tapi lebih kepada siapa dan bagaimana harus akhirnya nanti.

Pada sistem yang sudah mandiri. Apabila ada satu bagian yang sakit, maka sistem yang ada akan memperbaikinya secepatnya. Baik secara sukarela, atau dengan pendekatan yang koersif. Tergantung kebutuhan. Tergantung keinginan. Tergantung perintah. Intinya, muara akhirnya akan bertemu lagi dengan kepentingan dari orang-orang yang berpengaruh dalam sistem.

yang menjadi pembeda antara satu dengan yang lainnya di garis akhir hanyalah satu hal. Moral. Bukan lagi tentang siapa yang benar atau siapa yang salah. Lebih kepada siapa yang mau kita bahagiakan. Siapa yang mau kita banggakan.

if you are happy with it, then do it

if you are not happy with the condition, then stay away from it

because in the end, we are the one who will choose our path

as a sinner, or a saint

as a hero or a villain

Toh nanti pada akhirnya akan kembali ke kepentingan siapa yang akan dibela. Kepentingan yang lebih sempit atau kepentingan yang jauh lebih luas. Mungkin juga tulisan ini saya tulis karena saya memang hipokrit. Kita lihat 5 sampai 10 tahun lagi. Siapa dulu yang akan berubah. Saya atau sistem.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.